Keuntungan yang Bisa Dinikmati dari Investasi Reksadana
bisnis dan usaha

6 Keuntungan yang Bisa Dinikmati dari Investasi Reksadana

Pilihan investasi saat ini semakin beragam dan salah satunya adalah reksadana. Reksadana adalah instrumen investasi dimana dana akan dikelola pihak profesional yakni manajer untuk dialokasikan ke berbagai bidang. Jenis investasi ini sangat populer sekarang dan disebut-sebut paling aman serta punya banyak keuntungan. Apa saja kira-kira keuntungan yang didapat dari berinvestasi reksadana?

Keuntungan Reksadana

Setiap jenis investasi memang selalu memiliki untung dan rugi masing-masing. Ada nilai lebih dan kurang yang terdapat pada setiap jenis instrumen investasi. Begitu juga untuk investasi reksadana ini. Berikut adalah 6 keuntungan yang dapat Anda nikmati jika memulai investasi reksadana:

1. Modal Terjangkau

Investasi reksadana membutuhkan modal yang tidak begitu besar. Bahkan reksadana saat ini bisa dimulai hanya dengan modal Rp100 ribu saja. Tentunya ini merupakan sebuah keuntungan tersendiri bagi anak muda yang mau berinvestasi tapi belum punya cukup modal. Hanya dengan modal yang ringan, investasi reksadana bisa segera dimulai dan tetap memberikan prospek keuntungan di masa depan.

Beberapa fitur investasi reksadana juga memungkinkan investor untuk menyetorkan uang sesuai kemampuannya setiap bulan. Besar uang yang disetorkan bisa sesuai dengan pendapatan atau kemampuan di waktu tersebut. Hal ini membuat investor semakin mudah untuk berinvestasi tanpa memberatkan diri sendiri.

2. Risiko Rendah

Reksadana juga dikenal sebagai tipe investasi yang risikonya tergolong rendah. Saat akan memulai investasi, sangatlah penting bagi Anda untuk memperhitungkan risikonya. Setiap jenis investasi pasti ada risiko dan hal ini harus diperhatikan baik-baik agar tak merugikan diri sendiri di masa depan.

Uang yang disetorkan dalam platform reksadana ini nantinya akan dikelola oleh manajer yang profesional dan sudah berpengalaman. Oleh sebab itu, risiko kerugiannya jelas akan lebih rendah karena dana telah dialokasikan sesuai porsi dan kebutuhan. Tapi ingat, seiring dengan risikonya yang rendah maka prospek keuntungan yang bisa didapatkan pun juga tidak begitu besar.

3. Mudah Dipelajari

Sebelum memulai investasi, penting sekali untuk belajar terlebih dahulu. Anda harus memahami detail sebuah instrumen investasi dengan baik agar tidak salah mengambil langkah nantinya. Reksadana adalah jenis instrumen investasi yang mudah untuk dipelajari. Dalam waktu singkat Anda bisa memahami jenis investasi ini sehingga sangat direkomendasikan bagi para pemula.

4. Tidak Ada Biaya Pajak

Instrumen investasi seperti deposito, obligasi, dividen, serta saham merupakan jenis investasi yang menjadi objek pajak di Indonesia. Sementara itu reksadana tidak termasuk objek pajak sehingga investornya tidak perlu mengeluarkan biaya pajak. Keuntungan yang akan diperoleh nantinya merupakan jumlah bersih dan tanpa ada pengurangan pajak.

Hal ini tentu saja akan begitu menguntungkan untuk para investor. Terutama bagi investor muda yang baru mulai berinvestasi. Tidak perlu membayar pajak artinya tidak ada beban yang harus ditanggung oleh investor. Investor hanya perlu fokus membayar uang investasi sesuai dengan kemampuan dan aturan dalam platform reksadana.

5. Mudah Dicairkan

Investasi reksadana ini sangat mudah untuk dicairkan. Bukan hal yang aneh jika anak muda memilih jalan investasi ini sebagai usaha menabung untuk masa depan. Dana yang sudah diinvestasikan nantinya bisa dicairkan kapanpun itu. Proses pencairan pun tergolong mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Itulah mengapa reksadana jadi alternatif menabung yang aman dan menguntungkan.

6. Bisa Dilakukan secara Online

Saat ini investasi reksadana bisa dilakukan secara online, mulai dari pembayaran hingga penarikan. Sudah tersedia beragam aplikasi bagi Anda untuk berinvestasi reksadana kapan saja dimana saja. Hal ini juga menjadi keuntungan tersendiri karena mempermudah Anda dalam berinvestasi. Cocok sekali bagi anak muda yang punya kesibukan tinggi.

Bahkan saat ini investasi reksadana bisa dilakukan lewat fasilitas e-commerce. Tentunya Anda harus memilih platform reksadana yang terjamin aman dan sudah terpercaya. Pastikan bahwa platform tersebut telah memiliki perlindungan hukum yang jelas dan digunakan oleh banyak orang.

Itulah tadi 6 keuntungan yang bisa didapat saat memilih instrumen investasi reksadana. Reksadana adalah jenis investasi yang sangat direkomendasikan jika Anda ingin bermain aman dan minim risiko. Instrumen investasi ini akan membantu mengelola keuangan Anda dengan baik demi masa depan yang lebih mapan.