36
Teknologi

Pentingnya Menghapus Aplikasi Bawaan OPPO

Pada saat pertama kali pembelian handphone OPPO, pastinya ada beberapa aplikasi bawaan yang sama sekali tak kita butuhkan.

Aplikasi dan fitur default yang tersemat dalam handphone OPPO tentunya berbeda. Jika fitur cenderung tidak bisa dihilangkan dan memiliki nilai guna yang begitu tinggi, berbeda dengan aplikasi bawaan yang kadang harus kita hilangkan karena hanya akan membebani ruang penyimpanan.

Jadi apapun tipe handphone OPPO yang kamu miliki, entah dibeli di dalam ataupun di luar negeri, me-manage aplikasi merupakan hal wajib yang pertama kali harus kamu lakukan setelah pembelian.

Ada banyak oppotutorial yang menyarankan kita agar tetap meminimalkan aplikasi yang ingin kita gunakan, sementara menghapus beberapa aplikasi bawaan yang tak digunakan bisa meningkatkan kinerja dan performa dari handphone itu sendiri.

Cara melakukannya mudah banget, cukup tekan saja ikon aplikasi yang ingin kamu hapus, kemudian akses app info dan ketuk tulisan uninstall.

Bahkan ketika handphone OPPO kita mulai melambat, maka membersihkan beberapa file sampah dan menghapus aplikasi menjadi hal pertama yang harus kita lakukan. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pendukung seperti clean master untuk membersihkan junk file atau cache yang menumpuk di sana.

Menghapus instalan dari aplikasi juga akan mencegahnya untuk tetap berjalan di latar belakang, yang biasanya memberatkan handphone kita.

Bahkan ada beberapa kejadian dimana kuota kita habis gara-gara adanya aplikasi tertentu yang masih terinstall di dalam handphone OPPO kita.

Ada juga beberapa faktor untuk menentukan apakah aplikasi tersebut harus dihapus atau tidak, beberapa diantaranya adalah:

  • Memiliki tampilan yang buruk
  • Adanya masalah privasi
  • Memiliki orientasi yang jelek
  • Notifikasi yang berlebihan dan mengganggu.
  • Iklan-iklan yang bermunculan sekalipun aplikasi tak digunakan.
  • Pesan error dan kerusakan.
  • Tidak adanya pembaruan aplikasi secara berkala, sehingga bug-nya membuat handphone OPPO kita menjadi begitu berat.

Mengutip data global, tingkat pencopotan dan penghapusan aplikasi seluler mencapai hingga 28% setiap bulannya. Itu berarti, dari 10 aplikasi yang terinstall, maka 3 diantaranya dihapus oleh para pengguna handphone, dan apakah kamu salah satunya?