gambar unggulan
Informasi

Penyuka Sambal Wajib Tahu, Ini Khasiat Cabe bagi Tubuh Manusia

Salah satu ciri khas masakan Indonesia yang sering membuat orang tergoda untuk mencicipi adalah rasa pedas pada masakan tersebut. Unsur utama rasa pedas ini adalah dari cabai yang diolah menjadi sambal atau bubuk.

Ada beraneka ragam jenis cabai mulai dari cabai rawit, cabai keriting, dan jenis cabai lainnya. Warnanya pun tidak hanya didominasi hijau dan merah saja.

cabe min

Untuk jenis cabai hias, ada yang memiliki warna hijau dengan tingkatan tertentu, ungu dan bahkan warna hitam. Sedangkan manfaat yang bisa diambil dari cabai ini diantaranya adalah sebagai berikut:

Kesehatan Pencernaan Terjaga

Banyak yang berasumsi bahwa cabai tidak baik untuk kesehatan pencernaan. Padahal, cabai bisa bermanfaat bagi tubuh Anda asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

Berkat capsaicin yang ada pada cabai, saraf mampu menghasilkan anandamide. Senyawa kimia inilah yang nantinya akan membantu mengurangi peradangan di saluran pencernaan akibat tukak lambung.

Meredakan Nyeri

Dengan adanya zat capsaicin tersebut, cabai juga memiliki peran sebagai pereda rasa nyeri yang alami. Itu sebabnya saat ini banyak tersedia obat oles dan krim yang mengandung capsaicin untuk mengatasi rasa nyeri dan cedera.

Bantu Program Diet

Manfaat berikutnya dari si pedas cabai ini adalah menurunkan berat badan berlebih. Ini dikarenakan zat capsaicin pada cabai dipercaya mampu membakar lemak dalam tubuh.

Begitu pula dengan energi dalam tubuh menjadi lebih cepat. Jika Anda mengkonsumsi cabai secara teratur, dalam tempo 12 minggu lingkar pinggang Anda akan terlihat mengecil.

Untuk Kesehatan Mata

Kerusakan pada mata karena faktor usia seperti katarak dan degenerasi makula bisa dicegah dengan mengkonsumsi cabe. Ini dikarenakan adanya kandungan lutein pada cabai yang membantu menjaga kesehatan mata, terutama cabai hijau.

Jaga Kadar Gula

Mengidap penyakit diabetes membuat Anda harus menjaga pola makan. Namun dengan menggunakan cabai, Anda bisa mengontrolnya.

Sebab, capsaicin pada cabai memiliki potensi untuk turunkan kadar gula dalam darah. Selain itu, sifatnya yang antidiabetik dipercaya berdampak positif jika dikonsumsi secara rutin oleh penderita diabetes tingkat 1.

Turunkan Risiko Kanker

Kanker menjadi salah satu penyakit yang cukup ditakuti karena bisa mengakibatkan kematian. Namun dengan cabai, Anda bisa terhindar dari risiko kanker.

Ini dikarenakan kandungan antioksidan yang ada pada cabai. Zat inilah inilah yang akan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang jika berlebihan bisa menjadi pemicu kanker.

Melancarkan Pernafasan

Satu hal lagi manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi cabai secara rutin. Yaitu bisa melancarkan pernafasan dan menurunkan risiko terkena radang paru-paru akibat sering merokok.

Itulah berbagai manfaat dari si mungil cabe asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.. Namun jika tidak suka pedas, jangan memaksakan diri karena ada sebagian orang yang memang tidak suka atau tidak bisa makan cabai.